ANALISIS SEMANTIK YOS 9:3-21

Teks

 9:3 Tetapi ketika terdengar kepada penduduk negeri Gibeon apa yang dilakukan Yosua terhadap Yerikho dan Ai,

9:4 maka mereka pun bertindak dengan memakai akal: mereka pergi menyediakan bekal, mengambil karung yang buruk-buruk untuk dimuatkan ke atas keledai mereka dan kirbat anggur yang buruk-buruk, yang robek dan dijahit kembali,

9:5 dan kasut yang buruk-buruk dan ditambal untuk dikenakan pada kaki mereka dan pakaian yang buruk-buruk untuk dikenakan oleh mereka, sedang segala roti bekal mereka telah kering, tinggal remah-remah belaka.

9:6 Demikianlah mereka pergi kepada Yosua, ke tempat perkemahan di Gilgal. Berkatalah mereka kepadanya dan kepada orang-orang Israel itu: “Kami ini datang dari negeri jauh; maka sekarang ikatlah perjanjian dengan kami.”

9:7 Tetapi berkatalah orang-orang Israel kepada orang-orang Hewi itu: “Barangkali kamu ini diam di tengah-tengah kami, bagaimana mungkin kami mengikat perjanjian dengan kamu?”

9:8 Lalu kata mereka kepada Yosua: “Kami ini hamba-hambamu.” Tanya Yosua: “Siapakah kamu ini dan dari manakah kamu datang?”

9:9 Jawab mereka kepadanya: “Dari negeri yang sangat jauh hamba-hambamu ini datang karena nama TUHAN, Allahmu, sebab kami telah mendengar kabar tentang Dia, yakni segala yang dilakukan-Nya di Mesir,

9:10 dan segala yang dilakukan-Nya terhadap kedua raja orang Amori itu di seberang sungai Yordan, Sihon, raja Hesybon, dan Og, raja Basan, yang diam di Asytarot.

9:11 Sebab itu para tua-tua kami dan seluruh penduduk negeri kami berkata kepada kami, demikian: Bawalah bekal untuk di jalan dan pergilah menemui mereka dan berkatalah kepada mereka: Kami ini hamba-hambamu, maka sekarang ikatlah perjanjian dengan kami.

9:12 Inilah roti kami: masih panas ketika kami bawa sebagai bekal dari rumah pada hari kami berangkat berjalan mendapatkan kamu, tetapi sekarang, lihatlah, telah kering dan tinggal remah-remah belaka.

9:13 Inilah kirbat-kirbat anggur, yang masih baru ketika kami mengisinya, tetapi lihatlah, telah robek; dan inilah pakaian dan kasut kami, semuanya telah buruk-buruk karena perjalanan yang sangat jauh itu.”

9:14 Lalu orang-orang Israel mengambil bekal orang-orang itu, tetapi tidak meminta keputusan TUHAN.

9:15 Maka Yosua mengadakan persahabatan dengan mereka dan mengikat perjanjian dengan mereka, bahwa ia akan membiarkan mereka hidup; dan para pemimpin umat itu bersumpah kepada mereka.

9:16 Tetapi setelah lewat tiga hari, sesudah orang Israel mengikat perjanjian dengan orang-orang itu, terdengarlah oleh mereka, bahwa orang-orang itu tinggal dekat mereka, bahkan diam di tengah-tengah mereka.

9:17 Sebab orang Israel berangkat pergi dan pada hari ketiga sampai ke kota-kota orang-orang itu; adapun kota-kota itu ialah Gibeon, Kefira, Beerot dan Kiryat-Yearim.

9:18 Orang Israel tidak menewaskan, sebab para pemimpin umat telah bersumpah kepada mereka demi TUHAN, Allah Israel. Lalu bersungut-sungutlah segenap umat kepada para pemimpin.

9:19 Berkatalah pemimpin-pemimpin itu kepada seluruh umat: “Kami telah bersumpah kepada mereka demi TUHAN, Allah Israel; oleh sebab itu kita tidak dapat mengusik mereka.

9:20 Beginilah akan kita perlakukan mereka: membiarkan mereka hidup, supaya kita jangan tertimpa murka karena sumpah yang telah kita ikrarkan itu kepada mereka.”

9:21 Lagi kata para pemimpin kepada mereka: “Biarlah mereka hidup.” Maka mereka pun dijadikan tukang belah kayu dan tukang timba air untuk segenap umat, seperti yang ditetapkan oleh para pemimpin mengenai mereka

Analisis Semantik

1.      Gibeon

Pertanyaan Di mana letak Gibeon? Apa yang dikatakan oleh Kitab Suci mengenai Gibeon?
Teks Pembanding Yosua  99:17 Sebab orang Israel berangkat pergi dan pada hari ketiga sampai ke kota-kota orang-orang itu; adapun kota-kota itu ialah Gibeon, Kefira, Beerot dan Kiryat-Yearim.Yos 10

10:2 maka sangat takutlah orang, sebab Gibeon itu kota yang besar, seperti salah satu kota kerajaan, bahkan lebih besar dari Ai, dan semua orangnya adalah pahlawan.

Yosua  10

10:4 “Datanglah kepadaku dan bantulah aku, supaya kita menggempur Gibeon, karena telah mengadakan ikatan persahabatan dengan Yosua dan orang Israel.”

I Raja-raja  3

3:4 Pada suatu hari raja pergi ke Gibeon untuk mempersembahkan korban, sebab di situlah bukit pengorbanan yang paling besar; seribu korban bakaran dipersembahkan Salomo di atas mezbah itu.

I Tawarikh  21

21:29 Kemah Suci, yang dibuat Musa di padang gurun, dan mezbah korban bakaran pada waktu itu ada di bukit pengorbanan di Gibeon,

Penjelasan :

Melalui teks-teks pembanding yang ada, kita dapat menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Mengenai di mana letak Gibeon sendiri yaitu terletak di dekat  kefira, Beerot, dan Kiryan-Yearim(bdk. Yos 9:17). Selain dari teks tersebut tidak diketemukan letak yang secara jelas dalam kitab suci.

Sedangkan dalam pertanyaan yang kedua, menganai apa yang dikatakan oleh Kitab Suci menegenai Gibeon dapat kita simpulkan bahwa kota ini merupakan salah satu kota yang memiliki perjanjian dengan Israel (Yos 10:4), selain itu juga kitab suci mengatakan bahwa Gibeon ini merupakan kota yang besar (Yos 10:2). Adapula yang mengatakan bahwa bahwa Gibeon ini merupakan tempat korban persembahan yang paling besar (1Raja-raja 3:4 dan 1 Tawarikh 21:20)

  1. 2.      Dengan memakai Akal
Pertanyaan Apa yang dimaksudkan kitab suci Dengan Memakai Akal?
Teks Pembanding Kejadian  3131:20 Dan Yakub mengakali Laban, orang Aram itu, dengan tidak memberitahukan kepadanya, bahwa ia mau lari.Ulangan  29

29:4 Tetapi sampai sekarang ini TUHAN tidak memberi kamu akal budi untuk mengerti atau mata untuk melihat atau telinga untuk mendengar.

Kejadian  31

31:27 Mengapa engkau lari diam-diam dan mengakali aku? Mengapa engkau tidak memberitahu kepadaku, supaya aku menghantarkan engkau dengan sukacita dan nyanyian dengan rebana dan kecapi?

Penjelasan:

Dalam frasa ini kiranya hanya dimiliki oleh kitab Yosua saja, sebab dalam teks-teks pembanding yang ada jenis frasa yang sama tidak ada. Sehingga penulis mengalihkannya dengan akal dan mengakali, tetapi tetap memiliki makna yang sama. Kitab Suci mengartikan frasa ini dalam artian kecerdikan. Kecerdikan di sini memaksudkan untuk menolong diri sendiri ataupun orang lain (bdk. Kej 31:20 dan Kej 31:27). Sedangkan dalam kitab Ulangan kita bisa melihat arti dari frasa ini lebih mengandung sebuah kedalamanm, yaitu Tuhan memberikan kita manusia rahmat akal budi (Ul 29:4)

 

  1. 3.      Keledai
Pertanyaan Apa yang dikatakan kitab suci mengenai keledai?
Teks Pembanding Kejadian  1212:16 Firaun menyambut Abram dengan baik-baik, karena ia mengingini perempuan itu, dan Abram mendapat kambing domba, lembu sapi, keledai jantan, budak laki-laki dan perempuan, keledai betina dan untaKejadian  16

16:12 Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.”

Kejadian  22

22:3 Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.

Bilangan  22

22:22 Tetapi bangkitlah murka Allah ketika ia pergi, dan berdirilah Malaikat TUHAN di jalan sebagai lawannya. Bileam mengendarai keledainya yang betina dan dua orang bujangnya ada bersama-sama dengan dia.

Ulangan  22

22:10 Janganlah engkau membajak dengan lembu dan keledai bersama-sama.

Penjelasan:

Keledai dalam kitab suci digambarkan dan memiliki fungsi yang bermacam. Makan dari keledai inipun berbeda-beda, bukan hanya fungsinya yang harafia (bdk. Kej 22 dan Ul 22)  melainkan juga keledai dijadikan sebagai ekspresi prilaku seseorang (Kej 16:12). Keledai juga bukan hanya digunakan sebagai alat transportasi dan hewan pekerja (Ul 22:10), melainkan juga memiliki nilai lihur sebagai korban persembahan yang mulia di hadapan Allah. Fungsi keledai juga sebagai sebuah harta yang dapat disimpan (Kej 12:16).

  1. 4.      Pakaian yang buruk-buruk
Pertanyaan Seperti apa pakaian yang di katakan buruk itu?
Teks Pembanding I Samuel  44:12 Seorang dari suku Benyamin lari dari barisan pertempuran dan pada hari itu juga ia sampai ke Silo dengan pakaian terkoyak-koyak dan dengan tanah di kepalanya.

II Samuel  1

1:2 maka datanglah pada hari ketiga seorang dari tentara, dari pihak Saul, dengan pakaian terkoyak-koyak dan tanah di atas kepala. Ketika ia sampai kepada Daud, sujudlah ia ke tanah dan menyembah.

Imamat  13

13:45 Orang yang sakit kusta harus berpakaian yang cabik-cabik, rambutnya terurai dan lagi ia harus menutupi mukanya sambil berseru-seru: Najis! Najis!

Penjelasan :

Frasa ini tidak memiliki suatu hal yang bermakna, melainkan berfungsi secara semestinya. Frasa ini pula merupakan kekhasan dari Yos 9, sebab tidak ditemukan frasa yang sama dalam teks-teks pembanding. Pakaian yang robek merupakan suatu tanda dari keadaan seseorang, sebagai contohnya dalam Imamat 13:45 merupakan suatu tanda bils orang yang kusta haruslah berpakaian yang cabik-cabik Karena mereka dianggap najis. Selain dari itu, orang mengenakan pakaian yang terkoyak-koyak sekiranya habis pulang dari pertempuran (bdk. I Sam 4:12).  Ada juga makna dari orang yang mengunakan pakaian yang terkoyak-koyak yaitu ketika dalam keadaan duka (bdk. II Sam 1:2).

  1. 5.      Ikatlah Perjanjian
Pertanyaan Apa saja makna dari Perjanjian ini?
Teks Pembanding Yosua  9

9:11 Sebab itu para tua-tua kami dan seluruh penduduk negeri kami berkata kepada kami, demikian: Bawalah bekal untuk di jalan dan pergilah menemui mereka dan berkatalah kepada mereka: Kami ini hamba-hambamu, maka sekarang ikatlah perjanjian dengan kami.

Kejadian  9

9:11 Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi.”

Kejadian  17

17:2 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak.”

Bilangan  25

25:12 Sebab itu katakanlah: Sesungguhnya Aku berikan kepadanya perjanjian keselamatan yang dari pada-Ku

Ulangan  7

7:2 dan TUHAN, Allahmu, telah menyerahkan mereka kepadamu, sehingga engkau memukul mereka kalah, maka haruslah kamu menumpas mereka sama sekali. Janganlah engkau mengadakan perjanjian dengan mereka dan janganlah engkau mengasihani mereka.

Penjelasan  :

Frasa ini juga merupakan frasa yang hanya ditemukan di dalam kitab Yosua 9. Makna dari kata perjanjian ini memiliki dua arah, yaitu makna perjanjian yang dilakukjan terhadap Tuhan (bdk. Kej 9:11, Kej 17:2, Bil 25:12) dan manusia (Yos 9:11 dan Ul 7:2). Di sana sangat jelas, ketika orang mengadakan perjanjian dari Tuhan akan mendapatkan keselamatan kekal sedangkan dengan manusia hanya mendapat keselamtan sementara (bdk. Yos 9:11). Di dalam kitab Ul 7:2, Tuhan sangat melarang untuk mengadakan perjanjian dengan manusia.

  1. 6.      Kami ini hamba-hamba
Pertanyaan Apa pekerjaan sebagai Hamba?
Teks Pembanding Yosua  9

9:11 Sebab itu para tua-tua kami dan seluruh penduduk negeri kami berkata kepada kami, demikian: Bawalah bekal untuk di jalan dan pergilah menemui mereka dan berkatalah kepada mereka: Kami ini hamba-hambamu, maka sekarang ikatlah perjanjian dengan kami.

II Raja-raja  10

10:5 Sebab itu kepala istana dan kepala kota, juga para tua-tua dan para pengasuh mengirim pesan kepada Yehu, bunyinya: “Kami ini hamba-hambamu dan segala yang kaukatakan kepada kami akan kami lakukan; kami tidak hendak mengangkat seseorang menjadi raja; lakukanlah apa yang baik menurut pemandanganmu.”

I Samuel  17

17:9 Jika ia dapat berperang melawan aku dan mengalahkan aku, maka kami akan menjadi hambamu; tetapi jika aku dapat mengungguli dia dan mengalahkannya, maka kamu akan menjadi hamba kami dan takluk kepada kami.”

Penjelasan:

Maksud kalimat ini merupakan sebuah pengakuan bahwa mereka adalah hamba-hamba Yosua. Seorang hamba bukanlah pekerjaan yang mudah karena diperlukan sikap rendah diri di hadapan penguasa. Ia menjadi seseorang yang tunduk di hadapan orang yang menguasainya (1 Sam 17:9). Pekerjaannya adalah taat kepada perintah yang diberikan oleh majikannya yang ia pandang baik (bdk. II Raj 10:5)

  1. 7.      Para tua-tua
Pertanyaan Siapa saja yang dapat dikatakan para tua-tua? Apa tugas mereka?
Teks Pembanding Keluaran  19

19:7 Lalu datanglah Musa dan memanggil para tua-tua bangsa itu dan membawa ke depan mereka segala firman yang diperintahkan TUHAN kepadanya.

I Raja-raja  12

12:6 Sesudah itu Rehabeam meminta nasihat dari para tua-tua yang selama hidup Salomo mendampingi Salomo, ayahnya, katanya: “Apakah nasihatmu untuk menjawab rakyat itu?”

Imamat  4

4:15 Lalu para tua-tua umat itu harus meletakkan tangan mereka di atas kepala lembu jantan itu di hadapan TUHAN, dan lembu itu harus disembelih di hadapan TUHAN.

Ulangan  25

25:7 Tetapi jika orang itu tidak suka mengambil isteri saudaranya, maka haruslah isteri saudaranya itu pergi ke pintu gerbang menghadap para tua-tua serta berkata: Iparku menolak menegakkan nama saudaranya di antara orang Israel, ia tidak mau melakukan kewajiban perkawinan ipar dengan aku.

Penjelasan :

Frasa ini sangat penting dalam Kitab suci, sebab terdapat sekian data yang menuliskan frasa ini di setiap kitab. Mengenai pertanyaan Siapa saja yang dapat dikatakan para tua-tua? Sesuai dengan namanya, mereka yang termasuk dalam golongan para tua-tua adalah mereka yang di-“tua”-kan dalam suatu tempat. Para tua-tua dipercaya dapat memberikan nasihat yang terbaik bagi suatu bangsa (1 Raj 12:6).

Pertanyaan Apa tugas mereka? Mereka memiliki banyak tugas, diantaranya sebagai orang yang dipercayai dalam suatu daerah (bdk. Kel 19:7), ada pula tugas mereka sebagai penasehat naegara (bdk. I Raj 12:6), sebagai pemberi berkat persembahan (bdk. Im 4:15), dan yang lebih penting juga mereka sebagai penjaga moral (bdk. Ul 25:7).

  1. 8.      Meminta Keputusan Tuhan
Pertanyaan Apa maksud dari Frasa ini?
Teks Pembanding 1 Raj

3:28 Ketika seluruh orang Israel mendengar keputusan hukum yang diberikan raja, maka takutlah mereka kepada raja, sebab mereka melihat, bahwa hikmat dari pada Allah ada dalam hatinya untuk melakukan keadilan.

Ulangan  6

6:17 Haruslah kamu berpegang pada perintah, peringatan dan ketetapan TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu;

Penjelasan :

Frasa ini sekali lagi merupakan ciri khas dari kitab Yosua, karena frasa ini hanya terdapat di dalamnya saja. Frasa ini memiliki arti yang sangat penting, sebab menyangkut keadilan dan kesetiaan kepada Tuhan (bdk. I Raj 3:28). Keputusan yang berasal dari Tuhan haruslah kita lakukan. Disposis hati kita juga harus mengarah kepada segala keputusan ataupun ketetapan Tuhan dengan setia dan rasa takut. (bdk. Ul 6:17)

  1. 9.      Mengadakan Persahabatan
Pertanyaan Apa tujuan dari persahabatan?
Teks Pembanding Kejadian  21

21:23 Oleh sebab itu, bersumpahlah kepadaku di sini demi Allah, bahwa engkau tidak akan berlaku curang kepadaku, atau kepada anak-anakku, atau kepada cucu cicitku; sesuai dengan persahabatan yang kulakukan kepadamu, demikianlah harus engkau berlaku kepadaku dan kepada negeri yang kautinggali sebagai orang asing.”

Yosua  11

11:19 Tidak ada satu kota pun yang mengadakan ikatan persahabatan dengan orang Israel, selain dari pada orang Hewi yang diam di Gibeon itu, semuanya telah direbut mereka dengan berperang.

II Samuel  10

10:2 Lalu berkatalah Daud: “Aku akan menunjukkan persahabatan kepada Hanun bin Nahas, sama seperti ayahnya telah menunjukkan persahabatan kepadaku.” Sebab itu Daud menyuruh menyampaikan pesan turut berdukacita kepadanya dengan perantaraan pegawai-pegawainya karena kematian ayahnya. Tetapi ketika pegawai-pegawai Daud sampai ke negeri bani Amon itu,

Penjelasan :

Persahabatan yang berlaku di sini merupakan persahabatan antar manusia. Tujuan mengapa diadakan persahabatan adalah sebagai suatu cara berelasi dengan baik sehingga dari relasi ini timbul rasa prihati, berdukacita (bdk. Kej 21:23), ada juga yang bermakna keselamtan (Yos 11:19). Jadi frasa ini mempunyai makna yang baik.

  1. 10.  Para Pemimpin Umat
Pertanyaan Siapa pemimpin umat itu? Apa saja tugas mereka?
Teks Pembanding Bilangan  4

4:34 Demikianlah Musa dan Harun dengan para pemimpin umat Israel mencatat bani Kehat menurut kaum-kaum yang ada dalam puak mereka,

Bil 16

16:2 untuk memberontak melawan Musa, beserta dua ratus lima puluh orang Israel, pemimpin-pemimpin umat itu, yaitu orang-orang yang dipilih oleh rapat, semuanya orang-orang yang kenamaan.

Yosua  22

22:30 Setelah imam Pinehas dan para pemimpin umat serta para kepala kaum-kaum orang Israel yang bersama-sama dengan dia, mendengar perkataan yang dikatakan oleh bani Ruben, bani Gad dan bani Manasye itu, maka mereka menganggap hal itu baik.

Penjelasan :

Teks pembanding dari frasa ini dapat memberikan kita informasi menganai siapa pemimpin umat itu? Dalam teks-teks yang disediakan dapat kita simpulkan mereka adalah seorang pemimpin untuk langsung mengurusi umat. Mereka dipilih berdasarkan pertemuan dalam rapat dan memiliki kenamaan (bdk. Bil 16:2)

Tugas apa saja yang dilakukan oleh mereka? Dalam Bil 4:34, mereka memiliki tugas yang cukup penting yaitu mendata penduduk suatu wilayah. Tugas yang tak kalah penting adalah dari mereka adalah menjadi penasehat bersama imam dalam suatu wilayah. Hal ini menunjukkan mereka juga sebagai pranata yang cukup penting dalam suatu negara

 

  1. 11.  Lewat Tiga Hari
Pertanyaan Apa arti frasa ini?
Teks Pembanding Yosua  3

3:2 Setelah lewat tiga hari, para pengatur pasukan menjalani seluruh perkemahan,

Yos 2

 2:22 Mereka pun pergilah dan tiba di pegunungan. Mereka tinggal di sana tiga hari lamanya, sampai pengejar-pengejar itu pulang. Pengejar-pengejar itu telah mencari di mana-mana sepanjang jalan tanpa menemukan mereka.

Keluaran  8

8:27 Kami harus pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami, seperti yang difirmankan-Nya kepada kami.”

Penjelasan :

Berdasarkan teks-teks pembanding yang ada, pertanyaan menganai apa arti frasa ini, data kita ketahui artinya adalah suatu rentang waktu, entah dalam perjalanan (bdk. Yos 3:2), dan dalam masa persembunyian (bdk. Yos 2:22). Kesimpulan dari data ini adalah menganai masalah waktu saja, penulis tidak menemukan data yang secara jelas bahwa frasa ini memiliki arti khusus.

 

  1. 12.  Pada Hari Ketiga
Pertanyaan Apa maksud dari Frasa ini dalam terang kitab suci?
Teks Pembanding Keluaran  19

19:11 Menjelang hari ketiga mereka harus bersiap, sebab pada hari ketiga TUHAN akan turun di depan mata seluruh bangsa itu di gunung Sinai.

2 Sam 1

1:2 maka datanglah pada hari ketiga seorang dari tentara, dari pihak Saul, dengan pakaian terkoyak-koyak dan tanah di atas kepala. Ketika ia sampai kepada Daud, sujudlah ia ke tanah dan menyembah.

II Samuel  1

1:2 maka datanglah pada hari ketiga seorang dari tentara, dari pihak Saul, dengan pakaian terkoyak-koyak dan tanah di atas kepala. Ketika ia sampai kepada Daud, sujudlah ia ke tanah dan menyembah.

Penjelasan :

Frasa ini mengarah kepada permasalahan waktu. Dalam data yang terdapat diteks pembanding, maka kita dapat mengetahui maksud dari frasa ini bukan hanya permasalahan waktu, melainkan ada nilai yang penting yaitu teologis (bdk. Kel 19:11).

 

  1. 13.  Bersungut-sungut
Pertanyaan Kapan orang dikatakn bersungut-sungut?
Teks Pembanding Keluaran  15

15:24 Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: “Apakah yang akan kami minum?”

Keluaran  17

17:3 Hauslah bangsa itu akan air di sana; bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa dan berkata: “Mengapa pula engkau memimpin kami keluar dari Mesir, untuk membunuh kami, anak-anak kami dan ternak kami dengan kehausan?”

Bilangan  11

11:1 Pada suatu kali bangsa itu bersungut-sungut di hadapan TUHAN tentang nasib buruk mereka, dan ketika TUHAN mendengarnya bangkitlah murka-Nya, kemudian menyalalah api TUHAN di antara mereka dan merajalela di tepi tempat perkemahan.

Bilangan  14

14:36 Adapun orang-orang yang telah disuruh Musa untuk mengintai negeri itu, yang sudah pulang dan menyebabkan segenap umat itu bersungut-sungut kepada Musa dengan menyampaikan kabar busuk tentang negeri itu,

Penjelasan :

Bersungut-sungut dalam kitab suci memiliki beberapa sebab. Penyebab itu biasanya dirangsang oleh keinginan daging kita. Dalam Kel 15:24, dikatakan alasan mereka bersungut-sungut karena kehausan. Ada pula sebab mengapa mereka bersungut-sungut, yaitu ketika kehidupan yang mereka alami itu buruk tidak sesuai dengan harapan mereka (bdk. Bil 11:1), adapula penyebab mengapa mereka bersungut-sungut yaitu ketika mereka mendengar suatu berita yang buruk karena suatu hal (bdk. Bil 14:36)

  1. 14.  Tukang Belah Kayu dan Tukang Timba Air
Pertanyaan Siapa yang dimaksud Tukang belah kayu dan timba air?
Teks Pembanding Yosua  9

9:23 Oleh sebab itu, terkutuklah kamu dan tak putus-putusnya kamu menjadi hamba, tukang belah kayu dan tukang timba air untuk rumah Allahku.”

Yosua  9

9:27 Dan pada waktu itu Yosua menjadikan mereka tukang belah kayu dan tukang timba air untuk umat itu dan untuk mezbah TUHAN, sampai sekarang, di tempat yang akan dipilih-Nya.

Penjelasan :

Berdasarkan teks-teks pembanding kalimat ini hanya terdapat dalam kitab Yosua saja. Tukang belah kayu dan timba air adalah sebuah pekerjaan kasar. Bahkan, pekerjaan ini merupakan sebuah kutukan bagi seseorang. (bdk. Yos 9:23). Dalam Yos 9:27 mereka dijadikan pekerja untuk umat Israel dan terlebih untuk mzbah Tuhan. Siapa yang dimaksudkan, adalah orang Gibeon, hal ini disimpulkan karena kalimat ini hanya terdapat dalam kitab Yosua, khususnya di dalam bab 9.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat saya tarik setelah melakukan analisis Semantik terhadap kitab Yos 9:3-21 adalah terdapat beberapa frasa maupaun kata yang juga dipakai oleh kitab-kitab lain dalam perjanjian lama. Akan tetapi ada pula yang merupakan ciri atau kekhasan dalam teks ini sehingga tidak diketemukannya teks pembandingnya dalam seluruh kitab perjanjian lama, seperti contoh tukang belah kayu dan tukang timba air, pakaian yang buruk-buruk, serta lewat tiga hari, sehingga harus saya cari persamaan kata atau maknanya.

Berdasarkan kesimpulan dari analisis ini juga terdapat 4 frasa yang memiliki arti langsung  berkaitan dengan Tuhan sehingga terasa makna teologisnya, contohnya Lewat tiga hari, meminta keputusan Tuhan dan ikatlah perjanjian. Semua ini bermakna ilahai.

Tinggalkan komentar

Filed under Tafsir Kitab Suci

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s