ADORASI SAKRAMEN MAHAKUDUS (SALVE)

Pembukaan

Umat berdiri, menyanyikan lagu pembukaanlmadah, misalnya O Salu-taris Hostia. Setelah Sakramen Mahakudus ditahtakan di atas altar, semua umat berlutut. Imam mendupai Sakramen Mahakudus.

 

Pujian kepada Sakramen Mahakudus

I :         Mari menimba air kehidupan,

U:        Dari sumber-sumber keselamatan.

I :         Marilah berdoa:

Allah yang penuh belas kasihan, dalam hati Putra-Mu yang terlukai dosa-dosa kami,  Engkau menganugerahi kami, hati cinta kasih-Mu yang tak terhingga. Perkenankanlah kami menyampaikan sembah bakti kami kepada-Nya dan mengamalkan tobat kami dalam laku yang pantas. Demi Kristus Tuhan kami.

U:        Amin

 

Atau

I :         Marilah berdoa:

Allah yang Mahakuasa dan kekal, aku datang kepada sakramen Putra-Mu yang tunggal, Tuhan kami Yesus Kristus.

U:        Aku, manusia yang sakit ini, datang kepada pe-mulih kehidupan; aku yang kotor ini, datang kepada pancuran kasih; aku yang buta ini, datang kepada cahaya terang abadi; aku yang miskin dan lara ini datang kepada Tuhan langit dan bumi.

I :        Karena itu, aku mohon kepada-Mu, dalam kasih-Mu yang tidak terhingga, sembuhkanlah sakitku, basuhlah nodaku, sinarilah kegelapan dan kebu-taanku, tutupilah kemiskinanku, dan selubungilah ketelanjanganku.

U:        Supaya  aku menjadi pantas menyambut Roti Malaikat, yaitu Raja dari segala raja, dan Tuhan dari segala penguasa, dengan hormat dan rendah hati, penuh tobat dan cinta, dengan hati yang suci dan penuh iman, secara tulus demi kebaikan ji-waku.

I :        Kabulkanlah permohonan, yang aku panjatkan dengan sepenuh hati kepada-Mu, agar aku bukan saja menyambut Tubuh dan Darah Tuhan, tetapi juga rahmat dan kuasa sakramen ini.

U:        Allah yang penuh belas kasih, buatlah aku sung-guh pantas menyambut Tubuh Putra-Mu terkasih Tuhan kami Yesus Kristus, yang lahir dari Pera-wan Maria, supaya aku menjadi pantas dan di-satukan ke dalam Tubuh Mistik-Nya yang kudus, dan terhitung di antara para anggotanya.

I :        Bapa yang Mahakasih, bantulah aku agar pada suatu hari kelak, aku dapat memandang dari wa-jah ke wajah dengan Putra-Mu yang terkasih, yang kelak akan aku sambut dalam rupa Sakra­men ini, yang bersama Dikau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang segala masa.

U:        Amin.

 

Doa di hadapan Sakramen Mahakudus 1

*          Tuhan Yesus Kristus, yang di dalam surga bersemayam di samping kanan Bapa dalam kedau-latan ilahi, Engkau hadir di tengah-tengah kami sebagai anugerah roti, dan akan tinggal senantiasa bersama kami hingga akhir zaman.

*          Kami menyembah Dikau di sini dan mohon kepada-Mu: sudilah menerangi kami, agar makin hari makin bertambahlah hormat dan terimakasih kami terhadap rahasia ini.

*          Ya Tuhan, Engkau telah bersabda kepada rasul-rasul-Mu: Aku menyertai kalian hingga dunia akhirat; di dalam sakramen ini Engkau sungguh-sungguh berdiam di antara kami dan Engkau pun mendengarkan setiap orang yang berbicara kepada-Mu. Di sini tegaklah singgasana rahmat-Mu dan Engkaulah sungguh-sungguh Imanuel: Allah beserta kami.

*          Tinggallah bersama kami, ya Tuhan, lindungilah umat kudus-Mu terhadap serangan musuh, dan janganlah jemu-jemunya melimpabi kami dengan anugerah-anugerah dari tempat kediaman-Mu di tengah-tengah kami. Tinggallah bersama kami dan janganlah biarkan kami sendirian, jadilah terang yang menyuluh jalan yang harus kami lalui.

*          Ya Tuhan, teladan hidup kami, Engkau memanggil kami di dalam sakramen ini untuk mengambil bagian pada Tubuh dan Darah-Mu; berilah kiranya agar kami dipenuhi dengan roh-Mu, dan senantiasa dibimbing oleh-Nya dalam segala tindak-tanduk hidup kami.

*          Kami mohon kepada-Mu: berilah kami senantiasa merindukan perjamuan ini, tempat Engkau mem-berikan kepada kami Diri-Mu sendiri sebagai makanan guna melepaskan lapar kami untuk sela-manya, serta menguatkan kami dalam perjalanan melintasi padang belantara hidup menuju puncak gunung-Mu yang suci.

*          Berilah kami kekuatan dan ketabahan hati, agar tidak lunturlah semangat kami di dalam mengabdi Dikau; semoga setelah dikuatkan oleh roti ini kami

dengan senang hati memikul beban-Mu yang ma-nis. Dan buatlah kami layak berkat perjamuan suci ini, diperkenankan masuk kehidupan yang kekal.

*          Raja kemuliaan, di dalam sakramen ini Engkau mempersatukan kami dengan Diri-Mu sendiri, su-paya kami menjadi anggota-anggota Tubuh-Mu yang mistik; terimalah kami semua kelak di dalam keluarga para kudus-Mu dan berilah kami mendapat bagian kemuliaan-Mu. Engkau yang hidup dan memerintah sepanjang masa. Amin.

 

Doa di hadapan Sakramen Mahakudus 2

I:          Tuhan Yesus, Engkau angkat bicara dan ber-sabda: Dengan sesungguhnya, Aku berkata kepadamu: Bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, maka kamu mencari Aku, melainkan karena kamu telah makan roti yang melepaskan laparmu.

U:        Ya Tuhan, kami datang kepada-Mu, sebab roti ini membuat kami sungguh-sungguh hidup

I:          Janganlah bekerja untuk makanan yang fana, me­lainkan untuk makanan yang lestari, untuk ke­hidupan yang kekal dan yang akan diberikan kepadamu oleh Putra Manusia. Bapa, Allah sendirilah, yang memeteraikan tandanya pada Dia.

U:        Kami bertanya kepada-Mu, ya Tuhan, pekerjaan manakah yang harus kami lakukan bagi Allah?

I:          Inilah pekerjaan yang diminta Allah darimu: hen-daklah kamu percaya kepada Dia yang telah diu-tus Allah.

U:        Tanda apakah yang telah Kau berikan, supaya kami dapat melihat, bahwa kami mesti percaya kepada-Mu?

I:          Roti yang sejati dari surga telah diberikan kepadamu oleh Bapa-Ku; sebab roti Allah turun dari surga dan memberi kehidupan kepada dunia.

U:        Ya Tuhan, berikanlah kami senantiasa roti ini.

I:          Aku ini roti yang hidup: barangsiapa datang kepada-Ku tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya akan Daku tidak akan pernah haus lagi.

U:        Ya Tuhan, sudah begitu sering kami makan roti itu, sedangkan kami tidak mengusahakannya. Kami tidak melaksanakan karya-karya Allah, se­bab sering kami tidak percaya sungguh-sungguh. Engkau telah menguatkan kami dengan roti itu, tetapi kami tidak berlaku sesuai karunia-Mu itu.

I:          Tetapi Aku sudah berkata kepadamu: kamu telah melihat Aku, namun kamu tidak percaya. Segala sesuatu yang Bapa berikan Aku, akan datang kepada-Ku. Dan barangsiapa datang kepada-Ku, tidak akan Kubuang keluar.

U:        Ya Tuhan, tiliklah dan kasihanilah kami.

I:          Aku telah turun dari surga, bukannya untuk me­laksanakan kehendak-Ku, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

U:        Berilah supaya kami juga tidak mengejar kehen­dak kami sendiri, tetapi seperti Engkau senantiasa mendengarkan Bapa.

I:          Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, supaya tiada sesuatu pun dari apa yang la berikan kepada-Ku hilang binasa, tetapi supaya Aku membangkitkan semuanya itu pada hari akhirat.

U:        Terimalah kami sebagai milik-Mu, dan jangan lupakan kami, apabila Engkau datang kembali dalam kesemarakan kemenangan-Mu.

I:          Inilah kehendak Bapa-Ku, agar setiap orang yang melihat Putra dan percaya kepada-Nya mem-peroleh kehidupan yang kekal; maka Aku akan membangkitkan dia pada hari akhirat.

U:        Ya Tuhan, bantulah kami percaya akan Dikau dan akan kehadiran-Mu di antara kami, supaya kami mempcroleh kehidupan yang kekal dan dengan penuh kerinduan menantikan kedatangan-Mu. Amin.

 

 

2 Komentar

Filed under Doa di depan sakramen Mahakudus

2 responses to “ADORASI SAKRAMEN MAHAKUDUS (SALVE)

  1. erly marbun

    ito kirim hamu na jolo doa-doa tentang adorasi suci pada sakramen maha kudus. on emailhu. dasantoerly@gmail.com. di malang jlan seruni au ito kuliah di STP IPI malang. horasma

    • Agohh… sorry dlu ya to.. lama gak buka blog aku, jadi baru liat ni komentar ito..
      Gmna to, udah terlambatlah ya mengirimkan.. lagian aq harus nyari bukunya lagi to, krn dlu aq punya tp udah kusumbangkan buku2ku ke perpustakaan CDD.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s